Max Born, Fisikawan Asal Jerman

Fakta Seputar Google Doodle Today : Max Born

Gambar Ilustrasi Max Born
Gambar Ilustrasi Max Born

Hari ini, Senin 11 Desember 2017, Google memajang doodle seorang pria tua yang tampak sedang berusaha memecahkan masalah matematika dan fisika. Siapa dan mengapa dia menjadi sosok doodle hari ini?

Seperti dikutip dari laman Google Doodle, pria tua berjas warna hijau tersebut adalah Max Born, seorang fisikawan dan matematikawan Jerman yang berhasil menemukan salah satu teori terpenting di bidang mekanika kuantum, dan diberi nama Born Rule. Google menghormati fisikawan dan matematikawan Jerman Max Born pada ulang tahun ke-135 untuk kontribusinya di bidang mekanika kuantum. Lahir memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang fisika pada tahun 1954 karena "penelitian fundamentalnya dalam Mekanika Kuantum, terutama dalam interpretasi statistik fungsi gelombang".

Mekanika kuantum adalah bagian dari fisika yang mempelajari materi pada bentuk terkecil. Ini mengarah pada penemuan komputer pribadi, laser, dan perangkat pencitraan medis.

Gambar Max Born Di Usia Tua
Gambar Max Born di Masa Tuanya
 
Prediksi fisika kuantum hari ini didasarkan pada teori Born's, yang juga dikenal sebagai Born Rule. Menurut teori Born, matriks atau "array angka dengan baris dan kolom" dapat menghasilkan hasil yang sama, bergantung pada prediksi probabilitas. Ini menantang teori sebelumnya yang menyarankan persamaan gelombang adalah pengukuran yang tepat yang melibatkan eksperimen pengukuran fisik masif.

Gambar Data Mengenai Max Born
Gambar Data Mengenai Max Born

Lahir di Breslau pada tanggal 11 Desember 1882, ia menyelesaikan gelar PhD dari Universitas Göttingen dan menjadi profesor fisika teoritis. Pada tahun 1933, dia dipaksa pindah ke Inggris dimana mengajar di Universitas Cambridge selama tiga tahun. Dia kemudian pergi ke Universitas Edinburgh dan mengajar di sana sampai tahun 1954.

Sehari sebelum Perang Dunia II pecah di Eropa, pada 31 Agustus 1939, Max Born menjadi warga negara Inggris. Dia dianugerahi hadiah Nobel di bidang Fisika pada 1954 atas kontribusinya di bidang mekanika kuantum.
Max Born tinggal di Edinburgh, Inggris, hingga pensiun pada 1952. Dia kemudian pindah ke Jerman Barat dan tutup usia di negara tersebut pada 7 Januari 1970, pada umur 87 tahun.

Hari ini Google Doodle memberi penghormatan kepada Dr Born dengan menunjukkan kepadanya merenungkan makalah dan buku yang berisi persamaan, sambil menggaruk dahinya dengan simbol terkenal untuk fungsi gelombang, yang digunakan dalam fisika, yang dikenal sebagai Psi, yang merupakan huruf ke-23 dari bahasa Yunani alfabet.
Fakta menarik lainnya, Max Born ternyata merupakan kakek dari Olivia Newton-John. Salah satu penyanyi, penulis lagu, aktris kenamaan dunia yang tampil di dalam film Grease bersama dengan John Travolta pada 1978.

Gambar Max Born Fisikawan dan Matematikawan Asal Jerman
Gambar Max Born Fisikawan Asal Jerman
 

Sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2017/12/11/07365197/siapa-max-born-yang-jadi-google-doodle-hari-ini
https://www.ndtv.com/world-news/max-born-google-doodle-celebrating-the-nobel-prize-winner-physicist-and-mathematicians-135th-birth-a-1786072
http://tekno.liputan6.com/read/3191394/max-born-tampil-sebagai-google-doodle-hari-ini-siapa-dia
https://scroll.in/latest/861039/google-celebrates-135th-birth-anniversary-of-german-physicist-max-born
 
Max Born, Fisikawan Asal Jerman Max Born, Fisikawan Asal Jerman Reviewed by Dark Sage on 12/11/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Channel Edukasi Quran - Pendukung pembelajaran Al Quran dengan efek animasi ketukkan karaoke berdasarkan suara qori termerdu
Diberdayakan oleh Blogger.